Profil Team Negara Brasil pada Piala Dunia 2018

Piala Dunia 2018 – Memori tragis kekalahan telak sekaligus memalukan yang di derita Brazil atas Jerman 4 tahun lalu tentu masih membekas bagi tim Samba saat ini. Pada Piala Dunia kali ini Brazil tentu berharap bisa membalikan keadaan tersebut menjadi sesuatu yang positif. Di fase grup Brazil tergabung bersama Serbia, Swiss dan juga Kosta Rika. Jika tampil tidak dibawah form dalam tiga laga tersebut Brazil tentu sangat diunggulkan untuk meraih poin sempurna.

Bintang utama Brazil, Neymar akan tetap menjadi andalan utama Tim Samba di lini depan. Meski baru saja pulih dari cedera namun mantan pemain Barcelona tersebut tak menunjukan tanda-tanda penurunan performa. Faktanya dalam 2 laga uji coba terakhir Brazil saat melawan Kroasi dan Austria, Neymar selalu mampu menyumbang gol lewat aksi individunya.

Dibandingkan dengan skuadnya 4 tahun lalu, bisa dikatakan Brazil jauh lebih siap terutama di lini belakang dan di lini depan. Saat dihajar Jerman 7-1, kala itu Brazil memang tampil tanpa Thiago Silva dan mendeutkan Dante serta David Luiz. Duet tersebut terbukti menjadi titik lemah Brazil yang sukses dieksploitasi habis-habisan oleh Jerman.

Dalam Piala Dunia kali ini, Brazil menduetkan Thiago Silva dengan Joao Miranda yang kenyang pengalaman tampil di Liga Eropa bersama Atletico Madrid dan Inter Milan. Miranda memang sosok yang pantas menemani Thiago Silva di jantung pertahanan, pemain berusia 32 tahun ini memiliki ketenangan serta tangguh dalam duel satu lawan satu. Kelebihan lain yang dimiliki oleh Miranda tentu adalah kemampuan dirinya untuk mengirimkan umpan panjang dari lini belakang serta mampu memainkan bola seperi peran Jerome Boateng di Timnas Jerman.

Posisi penjaga gawang Brazil juga bisa dibilang dihuni oleh sosok yang tepat pada diri Alisson Becker. Kiper AS Roma tersebut telah membuktikan diri sebagai salah satu yang terbaik di dunia. Sejumlah penyelamatan gemilang Alisson, berkonstribusi penting untuk membuat Roma menjadi tim kedua paling sedikit kebobolan di Serie A. Brazil juga masih diperkuat oleh Marcelo yang mungkin pantas disebut bek kiri terbaik di dunia saat ini. Pemain Real Madrid ini memiliki kemampuan bertahan dan menyerang yang setara.

Tak hanya lini belakang, Brazil juga lebih memiliki variasi di lini depan. Gabriel Jesus dan Philipe Coutinho adalah pemain yang membedakan lini depan Brazil dibanding 4 tahun lalu. Jesus adalah striker utama Manhester City, meski tak memiliki postur ideal sebagai striker murni namun dirinya memiliki insting dan penyelesaian akhir yang bagus. Begitu juga dengan Coutinho, yang akan membuat kosentrasi pertahanan lawan menjadi terbelah.

Satu-satunya posisi yang bisa menjadi titik lemah Brazil tentu ada pada posisi bek kanan. Sejatinya posisi ini bukan menjadi masalah jika saja Dani Alves tak terkapar cedera. Dalam beberapa laga uji coba pelatih Brazil Tite mempercayakan Danilo untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Alves. Menilik performa Danilo bersama Manchester City yang berakhir tak memuaskan tentu posisi ini bisa menjadi salah satu titik lemah Brazil. Saat memperkuat Real Madrid 2 tahun lalu Danilo juga sempat menjadi pesakitan saat melakukan blunder melawan Barcelona.